Selasa, 07 November 2023

7 Tips Menjaga Gigi Anak Sehat dan Kuat

 

Sumber gambar: https://pin.it/7JyttiV

Menjaga kesehatan anak merupakan hal yang penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Bukan hanya kesehatan fisik secara menyeluruh, tetapi juga termasuk kesehatan gigi dan mulut anak. Sayangnya, sebagian besar orang tua tidak banyak yang menyadari bahwa mengenalkan dan mengajarkan anak mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut perlu dilakukan sejak dini.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan anak yaitu dengan menyikat gigi secara rutin, namun perlu diingat bahwa itu saja tidak cukup. Ada berbagai gangguan yang bisa muncul bila anak tidak terbiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut. Risiko penyakit bisa meningkat bila anak jarang menyikat gigi dan sering mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, kebiasaan itulah yang mudah merusak gigi.

Kesehatan gigi anak sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Gigi yang sehat tidak hanya mempengaruhi fungsi pencernaan dan berbicara, tetapi juga memainkan peran dalam penampilan dan perkembangan percaya diri anak. 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Sumber gambar: https://pin.it/23YdP37

Sebaiknya hindari menakut-nakuti anak tentang bahaya tidak menyikat gigi setelah makan atau sebelum tidur. Cara ini justru bisa membuat anak ketakutan atau malas-malasan melakukannya.


Sebagai gantinya, cobalah mengajak anak-anak menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan cara berikut:

1. Membacakan Buku Cerita

Orang tua dapat membacakan buku cerita tentang kesehatan gigi dan mulut yang dapat menarik perhatian anak, contohnya bacaan mengenai seekor monster dan bagaimana karakter anak-anak yang mampu mengalahkannya. Salah satu poin penting yang diajarkan adalah bagaimana anak-anak dapat mengalahkan monster yang dapat mengancam kesehatan gigi mereka, seperti plak gigi, dengan cara sikat gigi rutin sebanyak 2 kali sehari.

2. Membuat Kalender Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Anak

Orang tua dapat membuatkan kalender kesehatan gigi yang dapat dicentang oleh anak setiap anak berhasil menyikat giginya. Cara ini dapat menjaga kesehatan gigi pada anak sekaligus melatih mereka untuk menyikat gigi secara rutin. Agar semangat anak tidak luntur maka orang tua dapat memberikan dorongan berupa hadiah pada anak saat anak mampu mencentang kalender selama satu bulan penuh.

3. Memilih Warna Sikat dan Pasta Gigi

Sumber gambar:
https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi-anak/kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak/

Memberikan kebebasan pada anak-anak untuk memilih warna sikat gigi yang mereka sukai atau pasta gigi dengan kemasan karakter yang menarik perhatian akan membuat anak lebih bersemangat untuk menyikat giginya. Namun, satu hal yang orang tua perlu waspadai adalah memastikan sikat gigi dan pasta gigi yang dipilih memang khusus untuk anak-anak.

4. Mengajari Anak Menyikat Gigi yang Benar

Banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka menyikat gigi dengan cara yang salah. Jika hal tersebut diajarkan ke anak, maka mereka akan kesulitan untuk menjaga kesehatan mulutnya. Di sisi lain, anak harus memiliki orang yang bisa mencontohkan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. Oleh sebab itu, sebagai orang tua perlu memahami cara menyikat gigi yang benar sebelum mengajari anak untuk rutin menyikat gigi.

Berikut contoh video cara menggosok gigi yang benar untuk anak menggunakan lagu


Sumber: https://youtu.be/AqHwaNQJ__4?si=z-x0jhpE-o4Ywzgv

5. Mengajak Anak Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam

Kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur adalah salah satu hal yang harus ditanamkan pada anak. Meskipun hal ini terdengar sepele, tapi faktanya kebiasaan ini memiliki dampak besar bagi kesehatan gigi anak. 

Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan menyikat gigi harus dilakukan minimal 2 kali sehari. Pertama ajarkan anak selalu menggosok gigi pada pagi hari. Kemudian, sebelum mereka tidur ajarkan juga untuk melakukannya.

Kebiasaan ini memang harus ditanamkan sejak dini supaya menjadi kebiasaan saat sudah dewasa. Tidak masalah jika orang tua sedikit memaksakannya. Namun, tetap jangan sampai membuat anak merasa tertekan. Akan lebih baik jika orang tua memberikan contoh, sehingga anak akan mengikutinya. 

6. Membatasi Makanan Manis dan Membiasakan Santap Makanan Sehat

Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak bisa dimulai dengan membatasi makanan manis. Tidak masalah jika anak tetap ingin makanan manis, namun sebagai orang tua perlu membatasi jumlah konsumsi dan juga menyediakan alternatif yang lebih sehat untuk mengurangi konsumsi kadar gula anak.

Selain permen dan coklat, orang tua dapat memberikan anak makanan seperti buah-buahan, sayur, dan makanan sehat lainnya untuk menyeimbangkan konsumsi gula dengan gizi lainnya supaya anak juga jadi semakin sehat.

7. Membiasakan Kontrol ke Poli Gigi 6 Bulan Sekali

 Sumber gambar: https://pin.it/14VsIJT

Selain mengajarkan kebiasaan baik, cara menjaga kesehatan gigi pada anak lainnya adalah dengan konsultasi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Akan lebih baik jika melakukan konsultasi secara rutin.




Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi-anak/kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak/

https://bunda.co.id/uncategorized-id/cara-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak/

https://telemed.ihc.id/artikel-detail-432-Tips-Menjaga-Kesehatan-Gigi-Dan-Mulut-Anak.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PUSKESMAS NGESREP

Puskesmas Ngesrep merupakan salah satu Puskesmas yang ada di Kota Semarang yang terletak di Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Kota Se...